Tidak bisa login SSH root di linux ubuntu

Berbeda dengan linux debian yang ketika install ssh kemudian kalian melakukan remote bisa langsung login sebagai root, kali ini saya dihadapkan dengan linux ubuntu yang tidak bisa login ssh root. Pada postingan ini saya menjelaskan cara instalasi dan konfigurasi ssh server, saya fokus pada masalah yang saya dapatkan, yaitu tidak bisa login SSH root di linux ubuntu.
Kasusnya seperti ini : 
1. Saya sudah install ssh-server dan melakukan konfigurasi port di /etc/ssh/sshd_config
2. Lalu enable dan restart service ssh
3. Saya ingin me-remote server saya menggunakan putty, saya mau login sebagai root namun access denied, kemudian saya login pake user biasa ternyata bisa. 
4. Setelah login SSH menggunakan user biasa, saya sudo su untuk masuk ke mode root. Cara seperti baru saya bisa login ssh root di linux ubuntu

Masalahnya saya...

Tidak bisa login SSH root di linux ubuntu

Saya ingin me-remote server saya dan login sebagai root namun access denied
Tidak bisa login SSH root di linux ubuntu
Access denied saat ssh root di putty
Saya sudah mencari solusi om google dan semuanya hampir sama yaitu dengan mengkonfigurasi file /etc/ssh/sshd_config pada baris :
PermitRootLogin prohibit-password
kemudian mengubah menjadi seperti ini :
PermitRootLogin yes
Saya tentu tidak lupa untuk restart service ssh bahkan sampai reboot untuk memastikan. Namun saya mencoba lagi login ssh dengan putty hasilnya masih sama.
Solusi
Saya bertanya ke grup telegram dan saya menemukan solusi tidak bisa login SSH root di linux ubuntu yaitu :
1. Login ssh sebagai user biasa
2. Ketikkan sudo passwd root
3. Coba login ssh root
Tidak bisa login SSH root di linux ubuntu
Mengatasi masalah tidak bisa login SSH root di linux ubuntu

Previous
Next Post »